Sabtu, September 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

IKAPROBSI Gelar Rakernas dan Seminar, Prodi PBSI FS UMI Turut Jalin Kerja Sama

MAKASSAR,KORANSULSEL – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (PBSI FS UMI) yang diwakili oleh Ketua Prodi, Dr. Sitti Rabiah, M.Hum., turut hadir dan berpartisipasi sebagai peserta penuh dalam Rakernas dan Seminar IKAPROBSI 2024 yang diselenggarakan pada Sabtu lalu di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Alhamdulillah, Prodi PBSI FS UMI dapat ikut serta dalam Rakernas dan Seminar IKAPROBSI ini. Tentunya, acara ini menjadi kesempatan untuk berjejaring dengan Prodi PBSI se-Indonesia,” ungkap Sitti Rabiah yang juga merupakan pengurus IKAPROBSI Sulsel.

Dalam sambutannya saat pembukaan acara, Ketua Umum IKAPROBSI Pusat, Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan momentum penting untuk memperkuat soliditas organisasi dan meningkatkan kualitas pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. “Kami berharap melalui kegiatan ini, IKAPROBSI dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pengembangan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Selain ikut serta dalam kegiatan inti, Prodi PBSI FS UMI juga menjalin kerja sama dengan IKAPROBSI Pusat, PBSI FKIP Universitas Mataram, dan PBSI Universitas Muhammadiyah Mataram. “Kami juga menjajaki kerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Bone dan STKIP Paris Barantai Kotabaru, Kalimantan Selatan,” jelas Sitti Rabiah.

Sitti Rabiah mengungkapkan bahwa perjanjian kerja sama antar-program studi ini didasari oleh keinginan untuk bersama-sama mengakselerasi kemajuan di masing-masing Prodi. Selain itu, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan lebih mudah dicapai jika dilakukan secara gotong royong.

“Perjanjian kerja sama ini merupakan sarana untuk mengakselerasi kemajuan Prodi dengan menjalin kemitraan dari berbagai perguruan tinggi. Dalam hal ini, PBSI FS UMI bekerja sama dengan beberapa Prodi PBSI dan juga menjajaki kerja sama baru. Tentunya, kerja sama yang baik perlu dilandasi oleh niat yang baik pula. Sehingga dalam pelaksanaannya, untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, dapat dilakukan dengan gotong royong,” ungkapnya.

Tidak hanya agenda akademik, Rakernas dan Seminar IKAPROBSI 2024 ini juga mengajak para peserta untuk mengunjungi destinasi wisata setempat. “Kami mengunjungi beberapa tempat wisata di antaranya: Sirkuit Mandalika, Bukit Jokowi, dan Pengolahan Kerang Mutiara,” jelas Sitti Rabiah.

Sitti Rabiah bersama peserta Rakernas dan Seminar IKAPROBSI 2024 menikmati keindahan Lombok, NTB. “Lombok, NTB memang menawarkan banyak destinasi wisata yang memukau. Selain itu, peserta juga dimanjakan dengan keindahan alam yang khas dan keunikan budaya lokal. Dari pesona pantai berpasir putih hingga bukit-bukit hijau yang menawarkan pemandangan menakjubkan, setiap destinasi memberikan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan. Terima kasih kepada panitia dari Unram dan penyelenggara dari IKAPROBSI,” tutup Sitti Rabiah. (rls/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER