Jumat, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Makassar Raih Penghargaan Inovasi Kota Rendah Karbon

MAKASSAR, KORANSULSEL – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meraih penghargaan pemimpin daerah atas inovasi dalam mewujudkan Makassar Low Carbon City.

Berdasarkan keterangan rilis di Makadsar, Jumat, penghargaan itu diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdulah Azwar Anas kepada Ramdhan –Danny– Pomanto pada kegiatan Pemimpin Daerah Award 2024 digelar di Jakarta Pusat, Kamis (8/8) malam.

“Penghargaan seperti ini akan memberi motivasi kepada seluruh daerah, dan ini sangat luar biasa sekali,” kata Danny usai penyerahan penghargaan didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Ismawaty Nur.

Pemberiaan penghargaan yang diinisiasi INews Media Grup ini, menobatkan Kota Makassar menjadi peraih penghargaan Pemimpin Daerah 2024 kategori inovasi daerah bersama Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dan Kabupaten Kuningan.

Ia mengapresiasi INews Media Grup yang selalu memberikan perhatian terhadap pembangunan daerah di Indonesia, salah satunya melalui penghargaan Pemimpin Daerah Award 2024.

Makassar, katanya, mendapatkan penghargaan atas inovasi kota rendah karbon.

Ia mengatakan bahwa mewujudkan kota rendah emisi karbon menjadi kewajiban pemerintah daerah saat ini di tengah kondisi perubahan iklim.

“Tanpa menetapkan kota kita atau daerah kita menjadi low carbon city atau resilient city saya kira kita tidak akan mendapatkan sebuah penyelamatan dunia hari ini. Suhu Bumi naik 1,4 derajat, nah dengan hadirnya inovasi ini kita ingin bersama-sama berkontribusi terhadap dunia,” katanya.

Ia mengatakan inovasi ini sudah berjalan dua tahun terakhir. Pemerintah Kota Makassar saat ini mulai menggunakan solar panel, energi matahari menjadi energi listrik baik di sekolah, puskesmas, hingga kantor pemerintah.

“Mobil-mobil juga kita ganti electric vehicle (EV), sistem persampahan kita juga kita ganti pakai elektrik semua sehingga kita melakukan penghematan terhadap akibat polusi atau emisi dari bahan bakar fosil,” urai Danny.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pemimpin daerah yang ikut berkontribusi aktif di dalam pembangunan daerah.

Penghargaan ini diberikan kepada pemimpin di daerah untuk delapan kategori di antaranya peningkatan ekonomi daerah, percepatan pembangunan, pengembangan pariwisata, kerja sama strategis, Reformasi Birokrasi, tokoh daerah, pelayanan publik dan inovasi daerah. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER