Jumat, September 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Unhas Raih Peringkat II Nasional di Ajang Satria Data 2024

MAKASSAR, KORANSULSEL – Tim Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih peringkat II nasional pada ajang Nasional Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) di Telkom University, Bandung, Jawa Barat yang diselenggarakan pada 29 Juli-2 Agustus 2024.

“Alhamdulillah, Unhas menempati posisi kedua nasional dalam ajang lomba Satria Data 2024 Puspresnas di Telkom University Bandung. Tim Satria Data Mahasiswa Unhas 2024, hebat dan membanggakan,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan Unhas pada ajang yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek ini berhak menempati peringkat kedua setelah memborong empat penghargaan, yakni Juara I Statistics Infographic Competition (Nurfadilah).

Selain itu, juara 3 Statistics Infographic Competition (Anugrah Nur Isnaeni Rahman), People’s Choice Award Statistics Infographic Competition (Danu Raihan Muhammad Faisal) dan The Best of Presentation National Statistics Competition (Nurul Mutiara Annisa).

Pada kesempatan ini, Prof Ruslin memberikan apresiasi kepada tim, tim Pokja Prestasi, Subdirektorat Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa atas raihan prestasi gemilang ini.

“Satu lagi pencapaian membanggakan di tahun ini. Terima kasih atas kerja keras seluruh tim dan pihak yang terlibat, semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan bisa ditingkatkan di tahun mendatang,” ujarnya.

Satria Data tahun diselenggarakan luring dengan host Telkom University. Kategori yang dilombakan adalah National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC) Statistics Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC).

Pada kompetisi ini ada tiga mahasiswa Unhas yang mengikuti Big Data Challenge, satu tim (1 tim terdiri atas 3 mahasiswa) Statistics Essay Competition, dan tiga tim untuk Statistics Infographic Competition.

Tidak hanya kemampuan hard skill dalam bidang statistika dan sains data yang dikompetisikan, juga kemampuan soft skill, seperti komunikasi, visualisasi, kerja sama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER