Minggu, Juli 21, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Bulukumba Kukuhkan 105 Kades Perpanjangan Jabatan 8 Tahun

MAKASSAR, KORANSULSEL – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, mengukuhkan 104 kepala desa dengan perpanjangan masa jabatan delapan tahun di lapangan Pemuda Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis.

Selain kepala desa, Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu juga mengukuhkan perwakilan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 104 desa tersebut.

Andi Utta, dalam keterangannya yang diterima di Makassar, berharap agar perpanjangan pengabdian juga bisa berdampak pada kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Bagi kepala desa yang dikukuhkan kembali atau mendapat bonus dua tahun tanpa Pilkades, maka kita harapkan kinerjanya semakin ditingkatkan, bahkan justru harus menambah speed kerjanya dalam membangun desa karena saudara telah memiliki pengalaman,” pintanya.

Ia mengatakan para kepala desa harus lebih inovatif dan mendorong warganya lebih produktif dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di desa.

Menurut dia, peningkatan ekonomi masyarakat harus menjadi prioritas, oleh karena sektor ekonomi ini yang mempengaruhi sektor kehidupan lainnya.

“Jika ekonomi baik, maka pendidikan dan kesehatan warga akan menjadi baik, begitu pula jika ekonomi warga baik, maka stabilitas dan keamanan juga akan lebih baik,” ujar dia.

Dalam memberikan pelayanan, kata Andi Utta, pemerintah desa dan BPD tidak boleh melakukan diskriminasi, sehingga semua harus dilayani dengan baik sesuai aturan dan prosedur. Ia menyebut, pemerintah desa dan pemerintah daerah adalah satu kesatuan dalam sistem pemerintahan.

Seusai pengukuhan, Ketua DPC APDESI Bulukumba Rais Abdul Salam mengaku bersyukur para kepala desa telah dikukuhkan kembali dengan masa jabatan 8 tahun.

Hal itu juga tak terlepas dari peran para kepala desa di Bulukumba, yang sama-sama telah memperjuangkan aspirasi ke pemerintah pusat.

“Alhamdulillah aspirasi teman-teman pada kepala desa diterima dengan baik. Dan hari ini, kita dikukuhkan dengan masa jabatan delapan tahun,” ujarnya.

Kepala Desa Bonto Bulaeng Kecamatan Bulukumpa ini menyatakan bahwa APDESI akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan Bulukumba tercinta.

Diketahui, pengukuhan perpanjangan masa jabatan kepala desa dan BPD juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Hj Hamrina A Muri, beberapa pimpinan OPD, Camat, hingga ketua TP-PKK se Kabupaten Bulukumba.

Sebelumnya terdapat 109 desa di Kabupaten Bulukumba. Namun kepala desa yang dikukuhkan hanya 104 desa.

Lima desa yang tersisa tiga diantaranya baru melaksanakan Pilkades PAW pada 1 Juli 2024 yang lalu yaitu Desa Tambangan, Desa Caramming dan Desa Balang Taroang. Sementara dua desa lainnya masih dijabat oleh pelaksana tugas karena kepala desanya baru baru meninggal dunia.

Dari 104 desa yang dikukuhkan ada tiga macam Surat Keputusan Bupati Bulukumba tentang Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa.

Sebanyak 14 Desa: Periode 2018-2024 menjadi 2018-2026, Sebanyak 59 Desa: Periode 2020-2026 menjadi 2020-2028 dan Sebanyak 31 Desa: Periode 2022- 2028 menjadi 2022-2030. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER