Selasa, Juli 16, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dinas Kominfo-SP Sulsel Gelar Coaching Clinic Pengelolaan Media Sosial untuk OPD

MAKASSAR, KORANSULSEL – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) menggelar coaching clinic media sosial untuk seluruh OPD lingkup Pemprov Sulsel.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir, mulai hari Senin sampai Jumat tanggal 3-7 Juni 2024 di Makassar Room, Lobby Utama Kantor Gubernur Sulsel.

Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas pengelola media sosial di masing-masing OPD lingkup Pemprov Sulsel. Diharapkan lewat pelatihan ini, OPD bisa melakukan branding layanan publik melalui media sosial.

Kepala Diskominfo-SP Sulsel, A Winarno Eka Putra, mengatakan, media sosial menjadi platform yang tepat untuk menjangkau masyarakat luas dengan biaya yang relatif murah dan efektif.

“Minimal dua konten diupload di akun Instagram dan media sosial lain. Tidak perlu mengajak tiktokers atau selebgram. Kita mulai dari hal-hal kecil, yang penting tujuan dari sosial media itu bisa tersampaikan ke masyarakat,” kata Andi Winarno saat membuka pelatihan.

Andi Winarno menyebut pemanfaatan media sosial untuk pelayanan publik jadi salah satu atensi dari Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh.

“Pak Gubernur sangat care terkait digitalisasi sehingga kita sebaiknya terus memproduksi konten,” sebutnya.

Dia mencontohkan beberapa kegiatan dan program OPD yang bisa dibuatkan konten. Misalnya kegiatan Sulsel Menari di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain akun media sosial milik OPD, Diskominfo-SP berharap akun media sosial pribadi pejabat dan PNS juga bisa dimanfaatkan untuk penyebaran informasi.

“Terutama untuk informasi yang kita bagikan, minimal mengganti pakai logo sendiri. Bisa dibuatkan template masing-masing, ini bersifat wajib bagi OPD,” jelasnya.

Admin Sosial Media Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Sulsel, Aldi mengakui pelatihan kali ini sangat bermanfaat bagi dirinya. Sebagai tindaklanjut, pihaknya akan membuat perencanaan untuk media sosial.

“Coaching pada hari ini cukup memuaskan karena banyak informasi yang diberikan terkait publikasi di sosial media. Selanjutkan kami akan melakukan perencanaan postingan sesuai penyampaian coaching hari ini,” ungkapnya. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER