Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Sekda Sulsel dan Bapanas RI Galakkan Gerakan Selamatkan Pangan

MAKASSAR, KORANSULSEL – Penjabat Sekretaris Daerah Sulsel Andi Muhammad Arsjad menerima kunjungan Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Badan Pangan Nasional RI, Nita Yulianis, di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Rabu, (3/4/2024).

Kedatangan pejabat Bapanas RI tersebut sekaligus menghadiri kegiatan Gerakan Selamatkan Pangan atau Gerakan Stop Boros Pangan dengan tema ‘Ramadan Ceria Pangan’ yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama anak panti asuhan dan berbagi takjil dengan masyarakat.

“Kita berharap kunjungan beliau ini menginspirasi, memotivasi kita semua bahwa ketahanan pangan itu bukan hanya ketersediaan dan keterjangkauan, tapi bagaimana kita memanfaatkan pangan itu secara bijak,” ucap Arsjad.

Pj Sekda Sulsel yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel ini mengatakan, Gerakan Stop Boros Pangan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelematkan pangan.

Tidak hanya itu, lanjutnya, gerakan ini juga menjadi bagian dari upaya untuk mengajarkan masyarakat bersikap lebih bijak dalam mengkonsumsi dan membeli makanan.

“Kita bisa bayangkan kalau selama ini masyarakat kita sudah terbiasa dengan berbagai acara, berbagai kegiatan mengkonsumsi makanan secara berlebihan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan tapi apa yang diinginkan. Sehingga sisa-sisa makanan itu terbuang begitu saja dan ini juga berdampak pada lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Badan Pangan Nasional RI, Nita Yulianis mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Ramadan Ceria Pangan ini sebagai upaya dalam menggapai berkah Ramadan dengan berbagi pangan dan sekaligus menyuarakan upaya Gerakan Selamatkan Pangan.

Ia menjelaskan, Sulawesi Selatan merupakan satu dari 15 provinsi di Indonesia yang melaksanakan Gerakan Selamatkan Pangan yang tujuannya untuk terus mendorong dan menggencarkan pencegahan dan pengurangan Food Loss and Waste (FLW) yang menjadi komitmen pemerintah Indonesia menuju transformasi sistem pangan yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah hari ini kami dari Badan Pangan Nasional berpartisipasi dalam acara Ramadan Ceria Pangan yang disertai dengan berbuka puasa bersama anak-anak panti asuhan, dan berbagi takjil dengan masyarakat. Tentu saja kami sangat mengapresiasi dan mudah-mudahan keberkahan ini terus berlanjut hingga secara konsisten di Provinsi Sulawesi Selatan,” tegasnya.

Nita juga menambahkan, apresiasi Bapanas terhadap Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga karena adanya keterlibatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sulsel bersama tokoh-tokoh agama dan masyarakat serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulsel dalam upaya Gerakan Selamatkan Pangan.

“Kami juga tadi berkunjung ke Baznas. Insya Allah Baznas di Sulawesi Selatan menjadi inovasi juga karena di tingkat nasional, Baznas Sulawesi Selatan yang pertama bekerjasama untuk upaya Gerakan Selamatkan Pangan, sukses untuk Sulawesi Selatan,” tutupnya. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER