Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Pangkep Gunakan 6 Kapal Distribusikan Surat Suara Pemilu 2024

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) menggunakan tiga kapal untuk mendistribusikan logistik dan surat suara Pemilu 2024 ke sejumlah pulau terluar di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kapal yang kami gunakan sebanyak enam unit. Tiga unit untuk Pulau Tangaya dan tiga unit ke Pulau Kalmas untuk mendistribusikan logistik Pemilu serta surat suara,” ujar Ketua KPU Pangkep Ichlas, Ahad.

Dua pulau tersebut, berada pada dua kecamatan terluar wilayah Sulsel, yakni Kecamatan Liukang Tangaya dan Liukang Kalmas yang masuk dalam teritorial Kabupaten Pangkep.

“Kapal yang digunakan saat ini telah siap dan selanjutnya akan dilakukan pengecekan oleh KPU bersama pihak Syahbandar serta instansi terkait lainnya, yakni administrasi, kondisi dan kelayakan kapal,” papar dia.

Persiapan pengiriman logistik tersebut, kata dia, setelah dilaksanakan rapat koordinasi kesiapan transportasi laut dalam pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan untuk pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024.

Rencananya, pendistribusian logistik Pemilu untuk Kecamatan Liukang Tangaya dan Kecamatan. Liukang Kalmas dilaksanakan pada Senin, 5 Februari 2024 sekitar pukul 16.00 Wita melalui Pelabuhan nelayan rakyat Maccini Baji, Kecamatan Labbakang, Pangkep.

Sedangkan untuk prakiraan kondisi cuaca pada saat pendistribusian logistik Pemilu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Stasiun Meteorologi Maritim Paotere BMKG Wilayah IV Makassar untuk memastikan kondisi gelombang laut saat pengiriman.

Sedangkan untuk kesiapan personel pengamanan dan pengawalan logistik dalam hal ini Pihak TNI Polri sudah siap kapan pun dalam hal proses pendistribusian logistik Pemilu 2024.

Saat ini dua unit Kapal untuk rute Kecamatan. Liukang Kalmas sudah dilakukan pengecekan dan telah berlabuh di pinggir sungai Pangkajene. Kedua Kapal tersebut setelah disurvei sesuai dengan lokasi masing masing.

Sebelumnya, rapat koordinasi pengiriman logistik diaula kantor KPU setempat dihadiri Ketua KPU Pangkep Ichlas, Wakapolres Pangkep H Muh Tamrin beserta jajarannya, Bawaslu Pangkep Andi Hikmawati, UPP Maccini Baji Akbat Makmur, Dishub Pangkep Andi Setiawan, perwakilan Kejaksaan Pangkep Zulfikar, Kapolsek Kalmas AKP Nompo, Kapolsek Tangaya AKP Jamaluddin, Ketua PPK Kalmas Farid Wajed dan Ketua PPK Tangaya Muh Taufik.

Berdasarkan data KPU Pangkep jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 249.727 jiwa tersebar di 13 Kecamatan. Untuk Jumlah pemilih di Kecamatan Liukang Tangaya sebanyak 14.038 ribu pemilih dan Kecamatan Liukang Kalmas sebanyak 10.353 ribu pemilih. (ant/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER