Kamis, Juli 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Timsel KI dan KPID Serahkan Hasil Seleksi ke Pj Gubernur Sulsel

MAKASSAR, KORAN SULSEL – Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi (KI) Sulsel Periode 2023-2027 dan Timsel Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) menyerahkan hasil seleksi ke Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di Ruang Kerja Gubernur, Makassar, Selasa.

Kedua timsel menyerahkan hasil seleksi calon anggota komisioner, sebelum diserahkan ke DPRD Sulsel untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Terima kasih kepada tim seleksi yang sudah bekerja maksimal dan profesional. Saya yakin siapapun yang akan terpilih nanti akan bekerja dengan maksimal untuk Sulawesi Selatan,” ucap Bahtiar saat menerima audiensi timsel.

Ketua Timsel Calon Komisioner KI Sulsel Hasrullah memastikan seluruh proses seleksi berkas administrasi hingga wawancara calon dilakukan selektif, ketat dan transparan.

Ada 15 nama calon komisioner KI Provinsi Sulsel yang akan selanjutnya ikut tahap tersebut dan 21 nama calon komisioner KPID Sulsel.

“Dari 15 nama itu akan kita pilih yang terbaik dan lima itu sudah saya sampaikan kepada Pak Gubernur dan harus kita rekomendasi ke DPR,” katanya.

Kepada mereka yang terpilih, diharapkan nantinya juga dapat mengabdikan diri hingga tingkat nasional.

“Kemudian satu obsesi kita di Timsel, Komisi Informasi ada sampai tingkat nasional. Karena kita butuh kader di tingkat nasional. Jadi kita pilih yang terbaik dari 77 peserta,” ujarnya.

Menurut Hasrullah, proses seleksi calon anggota komisioner dengan sistem CAT sudah sangat baik dan transparan.

“Saya sarankan kepada Komisi Informasi bahwa tes CAT itu menjadi penyaring, bagus untuk mengetahui intelektual atau pengetahuan umum tentang Komisi Informasi,” katanya.

Sementara Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPID Sulsel Suparno, menuturkan, Timsel melakukan evaluasi peringkat berdasarkan hasil uji kompetensi CAT, psikotes, dan pendalaman visi-misi, sehingga terbentuk 21 peringkat teratas dari 64 peserta.

“Kita ingin mendapatkan komisioner KPID yang berkualitas, kreatif, memahami penyiaran dan memang dibutuhkan untuk penyiaran di Sulsel. Jadi kami akan serahkan calon yang berkualitas ke Komisi A DPRD,” ujarnya.

Anggota Timsel KPID, Arief Wicaksono menambahkan, ini merupakan tahap akhir dari kerja timsel. Selanjutnya, sesuai regulasi yang ada, Gubernur Sulsel yang mewakili Pemprov Sulsel selanjutnya memberikan atau mengirimkan hasil ini kepada DPRD untuk dilakukan fit and proper test.

Pada pertemuan ini, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel Andi Winarno Eka Saputra menyerahkan kepada gubernur, penghargaan KPI Award 2023 kategori Pemerintah Daerah Peduli Penyiaran yang diterima, pada Ahad, 26 November 2023, sebagai provinsi yang mempunyai kepedulian terhadap infrastruktur dan juga ekosistem penyiaran. (HMS/KS)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER